Mengingat

Sudah nonton Coco?

Coco, sebuah film Disney dan Pixar yang berhasil mengambil hati banyak orang di akhir tahun 2017, termasuk aku. Ini film tentang cita-cita dan keluarga dengan latar tempat dan kultur Meksiko yang kental, mulai dari musik sampai kepercayaan. Resmi jadi animasi favoritku setelah Inside Out. Lagunya yang berjudul ‘Remember Me’ terngiang-ngiang di telinga, mungkin karena beberapa waktu kemarin cukup bisa merelasikan dengan diri sendiri. Kamu bisa cek lagunya disini.

Ada banyak pertanyaan mengenai ingat-mengingat yang pernah kutelaah. Misal, mengapa terkadang kita mengingat begitu jelas rasa milkshake apa yang dipesan oleh teman kita 5 tahun lalu saat bertemu, daripada, dimana kita meletakkan hape setengah jam lalu. Atau, kita lebih ingat alasan si anu menganggap Harry Potter itu biasa-biasa aja daripada mengingat mengapa kita tidak boleh prokrasinasi. Atau, mengapa beberapa dari kita ingin sekali diingat orang lain.

Beberapa aku menemukan jawabannya di bab-bab awal sebuah buku berjudul How We Learn, ada juga yang kukira-kira saja. Seperti yang terakhir.

Ini cukup mengherankan.

Aku menemukan diriku terharu dan berkaca-kaca saat seorang teman mengucapkan terima kasih di skripsinya– what? aku jek diiling... Terharu saat ada orang lain bilang bahwa mereka mengingatku saat melihat ini atau itu. Kurasa, mungkin karena ada beberapa hal krusial terjadi di hidupku— pffft, aku jadi punya semacam upgraded feeling (kalo pakai istilah di film Inside Out, mungkin ini fase adulting. wahaha) yang membuatku lebih… gembuk hatinya dalam hal ingat-mengingat. Aku tiba-tiba jadi penasaran makna kehadiranku– menurut orang lain. Apa aku cukup berguna, apa aku ini teman yang baik, dsb.

Jika kutarik pada pertanyaan lebih basis lagi, aku ingin tahu sejauh mana aku diingat dan cukup berarti untuk dijadikan memori. Sungguh aku penasaran. Dengan kontemplasi diri dengan melihat-lihat sambil berasumsi disertai dengan paparan sosial media yang begitu masif, kerisauan sederhana itu berkembang menjadi hal yang cukup menganggu dan silly. Misal, aku jadi merasa sedih ketika temanku tidak bilang di IG story-nya bahwa aku adalah teman baiknya. Sederhananya, aku merasa tidak diingat dan tidak cukup berarti baginya. Pret. Bahaha. Well, selain itu aku juga jadi merasa bersalah dan tidak tulus.

Wkkwk.

Lalu, pelan-pelan aku menemukan polanya. Jika hal-hal seperti itu datang dan menyerang percaya diriku, aku akan buru-buru mengingat sebuah ayat pendek:

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS. Al-Baqarah: 152)

Erhm, biasanya tambah galau karena jadi sadar dan rasa bersalah akan muncul berlipat. …. Tapi……. yah…. setidaknya hati jauh lebih adem, karena selalu merasa punya tempat kembali yang menerimamu apa ada-nya, dengan keadaan sempurna maupun compang-camping, yang mengerti kegelisahanmu tanpa harus dilantunkan dalam kata. Astaghfirullah, sudah cukup mewakili.

Aku bersyukur karena punya memori tentang email panjang Acer di tahun 2016, chat-chat Meutia, dan obrolan-obrolan dengan Pak Viktor, Bu Rovila, Rayzan, Ruri, Bu Farida.

Alhamdulillah. Cukup.
What’s more, Allah will never lose His sight on me, anyway.

Setelahnya, aku senyum lagi, siap menyapa lagi. Biasanya dengan hati yang lebih rela. Masa bodo, mau diinget atau enggak, yang penting menebar anuan cinta dengan caraku, Luls. Tetap hidup bersama dengan detil-detil memori tentang orang-orang yang semua sudah rapi di folder kepala berjudul: Orang-orang dan Hal Menarik tentang Mereka.

Maybe someday, someone will forget how wonderful they are, I’ll gladly remind them. I have that answer in my folder.

Semoga aku selalu peka. Wkkk.

Author: nezhafath

a klepon-hearted

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: