Ramadan yang Biasa Saja

Pagi tadi, sambil menyusui Langit, aku sempat melihat archive story Instagramku dua tahun lalu saat Ramadan.

Wow, aku tampak antusias menyambutnya.

Betapa meriahnya Ramadan saat itu. Target Ramadan pribadi dan halaqah, kutipan ayat favorit, jadwal buka bersama keluarga, teman, organisasi, iktikaf dengan teman-teman, juga beberapa refleksi Ramadan yang aku suka.

Sesaat, tiba-tiba aku didatangi perasaan asing. Jika aku berani menelaah lebih jauh lagi perasaanku tentang Ramadan tahun ini yang memang berbeda karena wabah dan kondisi tidak berpuasa maksimal karena menyusui, akan ada tanda tanya besar hinggap di kepala.

Ada apa dengan kamu dan Ramadan Nez?

Mungkin beberapa hari kemarin aku sedang meromantisasi perasaanku terhadap Ramadan. Bilang aku rindu, bilang aku akan menjalani Ramadan yang berbeda di tengah wabah, akan memaknainya berbeda sebagai Ibu baru, dengan segala penyesuaian-penyesuainnya..

Tapi sebenarnya, aku sangat biasa-biasa saja menyambut bulan ini. Sungguh biasa, yang kadang buatku nelangsa sendiri. Ini kenapa?

Perasaan “biasa saja” yang membuatku berpikir, mungkin kamu memang sudah sejauh itu, Nez. Sombong, sangat sombong.

Astaghfirullahaladzim..

Tapi mungkin, mungkin Allah masih berkenan membantuku, hamba yang banyak ingin ini itu tapi enggan memperlama sujud dan bangun tahajud, untuk menemukan makna Ramadan lagi. Digerakkan tanganku pagi tadi untuk membuka channel Bayyinah TV di YouTube, Langit sudah terlelap, dan mengalirlah khutbah Ustadz Nouman ali Khan tentang Power of Dua dari headsetku. Hasilnya aku menangis sampai Langit terbangun. Aku malu sekaligus lega. Malu karena lagi-lagi aku menjemput “kesadaran” dan “memaksa”-nya tetap di hatiku sembari disaksikan Allah.

Tapi juga menyadari bahwa Allah masih berkenan memberiku kesempatan untuk menemukan channel Youtube itu, aku bersyukur. Lalu malu lagi.

Semoga ini tanda bahwa aku masih diberi kesempatan, merayakan Ramadan tahun ini dengan compang-campingnya iman. Semoga ini sinyal dari-Nya untukku kemun

Semoga..

Author: nezhafath

a klepon-hearted

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: