Teruntuk 

Aku mengenal seseorang yang sangat baik. Ia terkenal karena kebaikannya menolong teman, adik, dan biasa jadi mediator di berbagai permasalahan, dipercaya mengambil keputusan,  penengah pertengkaran, dan juga pembangun jembatan di keluarganya. Ia dikenal pula dengan keluasan ilmu dan kesediaannya berbagi cara melihat dunia.

Setiap bicara dan berkomunikasi dengannya, aku selalu dibuat wow dengan kompleksitas yang ia miliki. Ia begitu kuat, namun disaat yang persis sama, tampak bisa runtuh saat itu juga.

Katanya, ia percaya padaku. Ia percaya dengan hal-hal abstrak dan bising di kepalaku. Sungguh aku bukannya sok kritis– kurasa ia hanya ingin membuatku merasa lebih baik. Namun, entah mengapa aku mudah saja menerima hal itu. Dengan orang lain, mungkin aku nyengir dan bilang, “Eh, tidak usah repot-repot. Aku bisa melakukannya kok tanpa validasi darimu.” 

Berbeda dengannya. Sudah kuanggap ia bersungguh-sungguh mengutarakannya. Dan kalaupun tidak, yah… Aku tetap harus berterima kasih, karena ia meluangkan waktu untuk mendengarku, menunggu penjelasan yang sepotong dan ambigu, bahkan sempat menagihnya. Seperti mozaik pikiran recehku itu hal yang penting saja. 

Pun kalau ia hanya melaksanakan tugas menjadi orang baik, aku tetap harus berterima kasih. Karena melakukan rutinitas menjadi orang baik di zaman yang seperti saat ini itu pasti melelahkan.

Terima kasih ya sudah mencatatku di daftar orang yang harus disapa dan ditanya-tanya.

Darinya, aku mengerti bahwa sometimes we are clueless about ourselves. We don’t know we have this particular side of us, exists. It took our energy, flesh to bone. I might never neglect it. Aside of the mess it made, it is quirky, perplexing, and at the same time, it’s heart-warming. 

I embrace its existance.

Kuharap ia selalu baik-baik saja. Ah, ia akan selalu baik-baik saja. Dia punya Allah.

So again, thank you! It’s been really nice to meet you.

Author: nezhafath

a klepon-hearted

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: