30 Juni, Pukul 11.45

Lihat, aku disini menahan kantuk-luar biasa. Kelas ini nyaman sekali. Bersih, suasana tenang, adem.

Tapi aku tidak boleh tidur. Nanti ketahuan peserta dan pengawas yang lain. Hm… tapi lebih takutan ketahuan peserta sih. Aku tahu banget perasaan murid pas ngelihat guru di depan berjuang menahan kantuk pas jaga ujian; guru mencoba menyeimbangkan posisi tegak biar gak oleng, melawan gravitasi untuk tidak menjatuhkan kepala di meja. Badannya jadinya terhuyung-huyung bagai layangan, lalu sedetik kemudian tersadar dan sok-sok tegak lagi mengawasi peserta ujian. Itu menggelikan.

Iya, tanggal 30 Juni 2013 aku jadi pengawas ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia.

Kuulangi, pe-nga-was.

Setelah sebelumnya membacakan tata tertib, membagi lembar jawaban, membagi soal ujian secara zigzag, mencocokkan wajah di KTP, kartu peserta dengan wajah asli, sampai mengisi berlembar-lembar berita acara, sekarang aku nganggur. Menahan kantuk, masih ada 45 menit tersisa.

Iseng, aku mengamati wajah mereka satu persatu. Hooo, yang itu tegang, yang ini ambek angop-angop. Apa ya yang mereka pikirkan? Kok soale beda ya sama di bimbel? sampai, “Wih alhamdulillah gampang! papa-mama, insya Allah aku keterima…”

Apa mereka mematri semangat ‘UI, aku datang’ di setiap soal? Apa mereka juga, ketika bosan, suka nggambar-ngambar makara di kertas soal? Apa mereka juga nulis percakapan imajiner di sisi-sisi kertas?

Jadi seperti ini rasanya.
Aku tetap bisa melakukannya dengan tenang, si hatipun juga.
Meskipun semalam gak sengaja nonton video BEM mereka yang waw abis, baca tulisan mahasiswa UI yang keren juga, di ece Mbak Masy tadi pagi, ‘lho, kok gak jadi peserta?’, aku baik-baik saja. Gak lebay, gak ngejleb seperti yang dulu kukira ketika berhubungan dengan sesuatu apapun tentangnya.

Aku takjub juga dengan ketidak-apa-apaan ini. Ada di meja pengawas ujian SIMAK UI, setahun lalu, sama sekali nggak pernah terpikir. Sama sekali.
Aku suka saja dengan cara-cara Allah memberiku pemahaman. Nyelempit-nyelempit 🙂

pengawas, haha.
pengawas, haha.
30 Juni, Pukul 11.45

6 thoughts on “30 Juni, Pukul 11.45

Leave a Reply

