Idealisme.

Saat itu di Minggu pagi yang indah, aku melakukan suatu pekerjaan yang unyu: menyuci motor-motor bersama Oknum F. Sambil nyuci-nyuci, kami ngobrol seputar bagian motor yang paling kotor saat musim hujan, oli motor Oknum I yang habis, STNK motor oknum I yang sudah diperpanjang pajaknya, sampai tilangan polisi yang beberapa saat lalu kualami.

Aku cerita lagi tentang tekad yang nggak mau bayar damai polisi di jalan. Maunya sidang aja di pengadilan, meskipun juauh, sampai nyasar-nyasar Pakuwon Trade Center nggak masalah. “Gak jujur tuh, Num F. Duit yang kita kasih di jalan itu nyampe dikantong polisi sendiri, nggak ke negara.”

Sambil terkekeh-kekeh, Oknum F berujar,

Bagus-bagus, mahasiswa itu harus gitu, idealis. Dulu pas mahasiswa saya juga gitu, “Pokoknya nanti nggak mau jadi PNS! Nggak mau kerjasama sama Hartooo! Gitu. Eh semakin lama, pas udah kerja di satu tempat swasta yang orang-orangnya bisa aja dipecat kapan aja, digaji seadanya, saya jadi mikir juga. Keluarga saya.”

Singkat cerita, Oknum F sekarang adalah PNS.

Ah, oke..

Jadi untuk beberapa orang, idealisme itu nggak terlalu penting untuk dipertahankan– seumur hidup. Alasannya ya cukup wajar dan sangat manusiawi. Hidup yang terus bergerak menuntutnya ini-itu, memaksa menyesuaikan diri, memaklumi. Lama-lama  ide-ide sangar yang dulu diperjuangkan, diyakini kuat-kuat, akhirnya jadi terdengar biasa saja, kehilangan magisnya. Sampai saat ini, aku belum menemukan orang angkatan lama yang masih teguh kuat memegang idealismenya. Aku ingin mengetahui orang itu. Ada, pasti ada. Tinggal mau banyak baca, peka dan keliling-keliling keluar dari zona nyaman.

Atau orang-orang seperti itu ada, dan diberitakan sebagai orang-orang yang menderita, tercampakkan oleh zaman dan jadi ulasan dokumenter memperingati hari pahlawan di suatu stasiun televisi.

I wonder, gimana ya nanti mereka… aku…

:3

Idealisme.

Leave a Reply

