Memilih

Banyak sekali pilihan akhir-akhir ini.

Susu ultra coklat dingin sudah jarang ada di indomaret dekat rumah, aku jadi harus terpaksa memilih susu coklat merk lain yang lebih mahal atau yang lebih murah tetapi tidak terlalu enak untuk diminum.

Seleksi bersama itu datang lagi tahun ini, dengan cepatnya. Padahal, aku seperti baru ospek minggu lalu. Dihadapkan dengan saran-saran orang, nyaris sama. Katanya, ini kesempatan kedua. Tuhan tahun lalu mungkin sedang menguji kesungguhanmu, sekarang saatnya buktikan, dan sejenisnya. Memilih lagi.

Kata artikel berita internet, umur 18 tahun adalah usia yang paling tepat  untuk memilih menjadi pengusaha atau karyawan di masa depan. 18 tahun? berarti waktuku tinggal sedikit sekali untuk memutuskan.

Atau yang sekarang. Memilih untuk bertahan di tempat yang kata orang keren setengah mati, atau pergi saja. Pergi ke tempat yang aman, yang kamu lumayan senang berada disitu karena tempatnya sangat simpatik. Enak sekali.

Sudah begini, ada pilihan lagi. Menjadi bagian dari pusat segala kata-kata asing seperti ‘perubahan, aksi, revolusi, dsb yang hanya kubaca dibuku dan cerita menggebu-nggebu dari mahasiswa yang lebih senior. Mendengar mereka, aku seperti menjadi seseorang yang hidup di tahun yang sama dengan Gie.

Aku mau belajar banyak, mendengar lebih banyak, mengetahui lebih banyak. Karena setiap pilihan punya konsekuensi ini dan itu. Semuanya ada pertanggungjawabannya. Biasanya pada banyak pihak, tentu saja– termasuk pada Allah.

…Teman perjalanan yang baik adalah mereka yang tidak hanya baik menurut pandangan matamu. Namun juga baik menurut pandangan mata setiap orang yang kalian temui di sepanjang perjalanan. Keberadaannya bersamamu membawa ketentraman dan kesejukan bagi orang lain. Yang engkau lakukan bersamanya membawa hikmah dan manfaat bagi orang lain.”  – Danang Ambar Prabowo

Pesanku, jangan endel. Jangan kemalan atau sok-sok mencari-cari alasan.

Lakukan saja, semoga Allah membersamaimu.

Advertisements

2 thoughts on “Memilih

  1. afina April 8, 2013 / 9:29 AM

    Semoga beruntung dalam setiap pilihan, Nezha. Saranku sih.. nggak usah berpikir terlalu banyak! :))

    • nezhafath April 8, 2013 / 4:52 PM

      saran yg bagus sekaii :,v kebanyakan mikir nggarai nggak budal-budal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s