Tentang Self-dialog dan Misi

Waktu ikutan School of Public Speaking yang diadain SKIPPER sama Indosat tempo hari, aku mencatat banyak sekali poin penting yang disampaikan Bapak Pembicara. Mostly menjawab tentang “Mengapa kita perlu jadi public speaker yang andal.”

Beliau bilang, untuk bisa tampil di depan banyak orang dan agar pesan kebaikan kita tersampaikan,  kita perlu melakukan self dialog. Dengan self-dialog itu kita akan bisa memahami diri kita lebih baik, memaafkan kelemahan diri dan berdamai dengan perasaan. Diharapkan, dengan hati yang plong, kita akan mampu men-deliver pesan kebaikan lewat lisan kita kepada audiens.

Self dialog nggak hanya baik dilakukan ketika akan menghadapi massa yang besar atau formal, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Aku sudah mencoba satu kali, sangat ampuh. Saat itu kondisinya aku sedang merasa, ehm, soro-dewean, mblayu dewean, pegel dewean.

Lalu aku membagi diriku menjadi dua bagian; pendengar dan pencerita (konsep seperti ini pernah disampaikan pula oleh Ninoi). Aku menjadi teman bagi diriku sendiri.

Setelah beberapa kali menulis pertanyaan tentang perasaan saat itu, aku bisa menjawab pertanyaan-pertanyaanku yang ternyata sangat dangkal dan emosional. Aku bisa menenangkannya. Aku ajak diriku berdialog dengan perasaan dan pikiran. Dan alhamdulillah berhasil.

It feels good, even until now.

Nah, untuk membuat produktif menulis, beberapa hari sekali aku berencana akan memposting tentang pertanyaan dari yang menarik sampai nggak penting, yang disana aku akan coba menjawab sendiri. Ohya, Kalian kalau mau juga bisa membantu menjawab pertanyaan itu dari sisi kalian.

😀

semoga misi ini nggak mutung dan bermanfaat, ya.

Amin.

Leave a Reply

