Kost

“Sumpah yooo… Jangan sekali-sekali berkeinginan ngekos. Gak Uenak.” curhat Fina, di suatu pagi, dateng ke kampus dengan wajah yang sedikit mess. Ho, dia belum sempet sarapan dan duitnya habis.

Kemarin, adalah kali kedua aku main-main ke kost-an orang. Kali ini yang beruntung adalah Vita. Vita adalah teman baru asal Banyuwangi yang bersedia kostan-nya tak jamah.

“Berantakan! maaf yaa!”

Bohong. Kamar kost nya rapi dan bersih. (jika dibandingkan dengan kamar kostan temen pertama yang kukunjungi. benar-benar, mirip… –maaf, gu..gu…gudang yang ada lampu terang dan kasurnya…)

Sambil bobok-bobok, aku melihat sekeliling kamar, bertanya pertanyaan seputar ‘sebulan berapa?’ sampai ‘kalo malem serem nggak?’

‘Aku kadang telpon-telponan sama ibuku di Banyuwangi, adik-adikku juga suka rebutan pingin ngomong.’ dia cerita sambil senyum penuh makna. “Pas jaman awal ospek aku sewering homesick.. Rindu rumah di tengah kesibukan yang tidak menyenangkan itu gak wenak.’ lanjutnya.

‘Semacam duduk diam di kasur, trus tiba-tiba nangis gitu ya?”

‘Ya… kayak gitu.’

Pas si Vita keluar kamar, aku diem lagi, nglurusin kaki. Tiba-tiba galau di kamar kost orang. Ah. Jadi kira-kira seperti itu rasanya rindu kampung halaman.

Ngekos setahun lalu adalah cita-citaku. Membayangkan melakukan semuanya sendiri rasanya menyenangkan. Nyuci baju sendiri, ribet pagi hari karena nyari kaus kaki bersih (kalo ini di rumah juga sering, tapi kalo ngekos kan beda), mikir “ntar malem makan apa ya?’, mikir beribu-ribu kali kalau mau beli kentang goreng harga 7000, telpon-telponan sama ayah-ibu. Seru kan~

Hmm. Mungkin tidak tahun ini.

Jadi inget cerita ayah di H+2 pengumuman SNMPTN.

Alhamdulillah.. ayah seneng kamu keterima di UNAIR. Nanti kan sedih kalo kangen sama anak-anak… mbak Erma di Bitung, mbak Dina di bandung.

Kamu sama Mas Arif…. udah disini aja nemenin ayah ibu.

Mungkin ini jadi salah satu hikmahnya.

Alhamdulillah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s